Tips Memilih Modem



Tips Memilih Modem

Sekarang udah jamannya online … online … mirip banget dengan lagunya saykoji. emang fenomena online … online terus menjamur dan membeludak.
Dan sekarang, pasti masih banyak orang-orang yang googling untuk nemuin layanan apa untuk internet. Untuk kali ini saya akan mencoba memberikan tips untuk memilih modem yang digunakan.
1. Tentukan Dulu Jenisnya
Sebelum Anda membeli anda harus tentukan dulu mana yang harus dipilih. Ada beberapa jenis Mopdem, ada yang Modem GSM, ada yang jenis Modem CDMA. ada juga Modem yang lain, biasanya udah include dengan ISP nya, kayak Speedy gitu. Untuk harga modem GSM lebih mahal sekitar 500 Ribu keatas. Sedangkan untuk modem CDMA ada yang berkisar 300 Ribuan sudah dapat. Tapi itu semua tergantung merek nya juga. Jika anda ingin menggunakan layanan misal ari TelkomFlash, atau Indosat IM2, atau dari XL, Axis, Three Anda harus menggunakan Modem GSM. Sedangkan kalo anda memilih operator CDMA seperti Fren, SatrOne dan lainnya anda menggunakan modem CDMA.
2. Semisal Ada pilih yang menyediakan Antena luar
Untuk penguat sinyal, jika ada modem yang memiliki penguat sinyal (Antena) disarankan Anda memilih itu.
3. Pilih kalo ada yang Integrated dengan Batterai
Ada yang bilang juga, jika modem memiliki Batterai maka itu juga dapat digunakan sebagai penguat sinya. Jenis atau Merek yang mengguanakn itu adalah Sierra. Untuk tipe, tanya Om Google saja.
4. Pilih sesuai kantong
Yang ini harus, jangan yang terlalu mahal atau terlalu murahan
5. Jangan terbuai dengan 7.2 MBbps (khusus modem GSM)
Ada orang yang mengejar prestice ingin mempeoleh modem dengan kecepatan maksiamal sampai 7.2 Mbps, punya saya cuma 3.6 Mbps. Jangan terlalu berharap jika di Indonesia bisa mencapai kecepatan itu. Kecuali anda adalah seorang eksekutif muda yang sering pergi ke luar negeri, itu sangat disarankan. Untuk kisaran harga terpaut sekitar Rp. 100.000 sampai Rp. 150.000 sebagai contoh saja, Modem Huawei E 156 (3.6 Mbps) dan Modem Huawei E 220 (7.2 Mbps).


Tips Memilih Modem